KELAS 6 TEMA 3 BAHASA INDONESIA

 KELAS 6 TEMA 3!!!!

RANGKUMAN BAHASA INDONESIA

 

Terimakasih sudah berkunjung di blog ini. Blog ini berkaitan dengan kelas 6 Tema 3Kelas 6 Tema 3 tentang tokoh dan penemuan. Tema 3 terdiri dari pelajaran IPA, IPS, Bahasa Indonesia, SBdP, dan PPkn.

 Berikut ini kelas 6 tema 3 rangkuman Bahasa Indonesia .

·       Teks eksplanasi adalah teks yang menjelaskan tentang proses terjadinya atau menguraikan rangkaian peristiwa terbentuknya suatu fenomena alam atau peristiwa social

·        Teks eksplanasi berfungsi untuk memberikan penjelasan kepada pembaca tentang proses terjadinya sesuatu yang disusun menurut prinsip sebab akibat.

·       Teks eksplanasi terdiri atas: Pernyataan umum (Pembukaan), deretan penjelas (isi), dan penutup (kesimpulan)

·       Bagian pernyataan umum berisi informasi singkat tentang apa yang akan dibicarakan/ diinformasikan. Bgaian deretan penjelas berisi urutan uraian atau penjelasan tentang proses dari peristiwa yang terjadi dan dijelaskan secara bertahap/ berurutan. Bagian penutup adalah kesimpulan yang berisi interpretasi pendapat singkat penulis tentang topic yang dijelaskan.

·       Teks eksplanasi ilmiah adalah teks eksplanasi yang menerangkan suatu proses yang bersifat ilmu pengetahuan alam, seperti gejala alam, terjadinya pelangi, proses arus listrik, dan sebagainya.

·        Teks eksplanasi merupakan teks yang menjelaskan tentang proses terjadinya atau terbentuknya suatu fenomena alam atau social.

·       Pada Teks eksplanasi, sebuah peristiwa timbul karena adanya peristiwa lain sebelumnya dan peristiwa tersebut mengakibatkan peristiwa lain sesudahnya.

·         Struktur teks eksplanasi terdiri dari pernyataan umum (topic masalah), deretan penjelas. Dan interpretasi (kesimpulan dan pesan)

·       Pernyataan umum berisi tentang penjelasan umum tentang  fenomena yang akan dibahas, bisa berupa pegenalanfenomena tersebut atau penjelasannya.

·       Deretan penjelas berisi tentang penjelasan proses

·        Interpretasi merupakan intisari atau kesimpulan dari pernyataan umum dan deretan penjelas, dapat juga berupa tanggapan maupun mengambil kesimpulan atas pernyataan yang ada dalam teks tersebut

Semoga bermanfaat pembahasan kelas 6 Tema 3 materi PPkn.

 

Untuk  membaca ringkasan IPS kelas 6 Tema 3 klik

https://risangaryodanisworo.blogspot.com/2020/09/ips-tema-3-kelas-vi.html

Untuk  membaca ringkasan IPA kelas 6 Tema 3 klik

 

https://risangaryodanisworo.blogspot.com/2020/09/kelas-6-tema-3-ipa.html

 

 

0 Comments:

Post a Comment

Popular Posts